Mandarin UNJ Juara III Lomba News Anchor pada SINOFEST XVI Universitas Indonesia

Standard

Sejumlah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UNJ mengikuti kegiatan lomba SINOFEST XVI yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia pada Kamis, 23 November 2017. SINOFEST adalah kegiatan lomba berbahasa Mandarin dan pengetahuan tentang negara Cina yang diadakan setiap tahun oleh Ikatan Mahasiswa Sinologi Indonesia Universitas Indonesia. Pada tahun ini, lomba yang diadakan  adalah lomba Mading 3D yang diperuntukkan bagi pelajar SMA/SMK/MA di wilayah Jabodetabek, lomba Pidato Bahasa Mandarin, juga untuk tingkat SMA/SMK/MA di wilayah Jabodetabek, News Anchor Mandarin untuk tingkat universitas, lomba Cerdas Cermat Sinologi untuk tingkat universitas, serta Penulisan Karya Ilmiah tingkat universitas.

Bertempat di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Depok, Jawa Barat, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin ikut serta dalam lomba cerdas cermat dan news anchor, terdiri atas dua kelompok cerdas cermat sejumlah enam orang, dan tiga pasang news anchor. Tahun ini adalah pengalaman pertama mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UNJ mengikuti lomba Sinofest dengan persiapan kurang lebih sepuluh hari untuk mempelajari  materi lomba.

Lomba cerdas cermat terdiri atas sembilan kelompok, dengan pertanyaan wawasan pengetahuan yang berkaitan dengan negara Cina, baik di bidang bahasa, budaya, sastra, sejarah, maupun pengetahuan umum lainnya. Dewan juri terdiri atas tiga orang yang berasal dari institusi Universitas Indonesia. Dari sembilan kelompok terpilih tiga kelompok yang masuk ke babak final pada hari yang sama.

Lomba news anchor adalah lomba yang menguji kemampuan peserta dalam menyampaikan suatu naskah berita secara jelas dan tepat waktu. Lomba ini diikuti oleh dua belas pasang peserta yang terdiri atas mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Lomba ini dinilai oleh empat dewan juri, dua orang juri dari institusi Universitas Indonesia dan dua orang juri dari Pusat Bahasa Mandarin Indonesia. Dari semua peserta, sepasang peserta dari Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UNJ terpilih sebagai salah satu dari empat pasang peserta yang berhasil masuk ke babak final. Setiap peserta pada babak final  diberikan waktu 30 menit untuk menyiapkan naskah baru yang diberikan oleh dewan juri.

Seluruh lomba diadakan dalam waktu satu hari dengan pengumuman pemenang di akhir acara bersamaan dengan  pembagian sertifikat untuk setiap peserta lomba. Pada kesempatan ini, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UNJ, Dewi Suharyanti dan Fathya Salsabila (angkatan 2015) berhasil meraih juara III lomba news anchor. Setiap pemenang mendapatkan piala dan sertifikat. Selamat untuk Dewi Suharyanti, Fathya Salsabila, dan semua peserta mahasiswa Prodi Pendidikan Bahsa Mandarin UNJ. Kalian semua hebat dan luar biasa! (VZ)

Advertisements

About mandarinunj

Majalah dinding Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Jakarta. Bagi mahasiswa-mahasiswi Prodi yang ingin mengirimkan karya, dapat menghubungi Redaksi Mading angkatan 2015. Penanggung Jawab: Ayu Trihardini, M.A. (Ketua Prodi) Kepala Redaksi dan Editor: Vanya Zelia, S.S., M.Pd. (Dosen Pembimbing BEM) Redaksi: Ibnu Indrianto, Yolanda Iswardani

4 responses