Black, white and Asian: I’m Panda!

Standard

Panda merupakan spesies yang sangat langka, kurang dari 2000 panda yang hidup di alam liar. Menurut sensus pada tahun 2014, hanya ada 1.864 panda yang hidup di alam liar. Karena panda merupakan spesies yang sangat langka di dunia, maka dari itu panda dijadikan symbol WWF yang berdiri pada tahun 1961.

Berapakah ukuran panda?

Ukuran panda lebih kecil dibandingkan dengan beruang hitam Amerika. Pada saat panda berdiri, biasanya tinggi panda dapat mencapai 75cm (2.5 kaki) dan panjang 1.5 meter (5 kaki). Massa badan panda pada umumnya 60 – 73kg. Catatan panda dengan massa badan terbesar yaitu 110kg. Panda jantan 1/6 lebih besar dari panda betina. Massa berat panda dapat mencapai 150kg. Massa badan panda yang baru lahir hanya sekitar 100gr, 1/900 dari massa badan ibu panda. Dari penjelasan ini sudah sangat jelas bahwa panda merupakan hewan yang besar.

Lalu dimanakah tempat tinggal panda?

Panda tinggal di hutan bambu yang besar. Pada saat ini tempat tinggal panda terutama berada di Gunung Qin di Provinsi ShanXi dan Gunung Min di Provinsi Sichuan dan Gansu.

Makanan Panda – 99% Bambu

99% makanan panda merupakan bambu, rebung dan daun bambu. Karena nutrisi pada bamboo sedikit, 1 ekor panda harus memakan sekitar 12 – 38kg bambu dalam sehari, sampai 40% dari beratnya sendiri. Panda dapat menghabiskan waktu makan selama 14 jam dalam sehari.

(YI)

Advertisements

About mandarinunj

Majalah dinding Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Jakarta. Bagi mahasiswa-mahasiswi Prodi yang ingin mengirimkan karya, dapat menghubungi Redaksi Mading angkatan 2015. Penanggung Jawab: Ayu Trihardini, M.A. (Ketua Prodi) Kepala Redaksi dan Editor: Vanya Zelia, S.S., M.Pd. (Dosen Pembimbing BEM) Redaksi: Ibnu Indrianto, Yolanda Iswardani

Comments are closed.