Festival Musim Dingin di Harbin

Standard

Setiap tahun, di kota Harbin selalu menjadi tuan rumah Festival musim dingin dan bangunan yang terbuat dari es, dengan skala Internasional, dengan menampilkan patung-patung besar dari es dan salju. Pada malam hari, patung-patung es tersebut menjadi berwarna-warni karena lampu yang menyala, dan pengunjung dapat naik serta bermain di beberapa struktur bangunan es tersebut.

Festival Es Harbin ini adalah acara tahunan tiap musim dingin. Festival Es Internasional Harbin telah dimulai sejak 10 tahun lalu, dan itu sudah menjadi salah satu dari 4 festival es dan salju terbesar di dunia, bersama dengan tokoh-tokoh terkenal di Sapporo, Norwegia, dan Quebec. Harbin disebut sebagai “Kota Es”, dan kondisi musim dingin di sana menjadi tempat yang tepat untuk festival es ini.  Menurut penyelenggara, festival musim dingin ini diharapkan dapat menarik beberapa juta wisatawan dari Cina maupun luar Cina setiap tahunnya.

Pada awalnya, hanya masyarakat Cina yang ikut berpartisipasi, tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini, telah menjadi festival internasional dan perlombaan. Penyebab selanjutnya karena pertumbuhan ekonomi di Cina yang berkembang pesat. Ukuran patung salju dan arsitektur es untuk pameran jugs semakin berkembang . Hasil jerih payah para pemahat membuat pameran ini menjadi sangat menakjubkan. Dari segi ukuran dan kecantikan mereka juga tidak kalah mengagumkan.

Pada saat ini, Festival Es tidak hanya sebuah eksposisi dari es dan seni ukir atau pahat salju , tetapi juga acara budaya tahunan untuk pertukaran internasional. Setiap tahun, ada banyak ahli patung es, seniman dan penggemar-penggemar dari Amerika, Kanada, Jepang, Singapura, Rusia, Cina, dan sebagainya. Mereka semua berkumpul di kota ini untuk berpartisipasi mengikuti kompetisi memahat es dan memperluas koneksi antar pemahat pada festival yang sudah mendunia ini. Adapun juga, lentera es Harbin telah dipamerkan di sebagian besar kota-kota utama Cina serta di banyak negara di Asia, Eropa, Amerika Utara, Afrika dan Oseania. Selama lebih dari 40 tahun, sumber daya alam lokal kota dari es dan salju telah sepenuhnya dieksplorasi untuk memberikan kebahagiaan dan kesenangan bagi pengunjung ke area kota. (YI)

Advertisements

About mandarinunj

Majalah dinding Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Jakarta. Bagi mahasiswa-mahasiswi Prodi yang ingin mengirimkan karya, dapat menghubungi Redaksi Mading angkatan 2014. Penanggung Jawab: Ayu Trihardini, M.A. (Ketua Prodi) Kepala Redaksi dan Editor: Vanya Zelia, S.S., M.Pd. (Dosen Pembimbing BEM) Redaksi: Putri Sri Maijayanti, Luthfia Nabilla.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s