Pertunjukan Drama Kebudayaan Tionghoa (PDKT) II

Standard

drama-2-2 drama-2-4 drama-2-5 drama-2-6

Untuk ke dua kalinya, Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin (PSPBM) melaksanakan Pertunjukan Drama Kebudayaan Tionghoa. Pertunjukan ini merupakan tugas akhir dari Mata Kuliah Pengantar Kesustraan dan Kebudayaan Cina yang diampu oleh dosen PSPBM, Vanya Zelia, M.Pd. Pertunjukan drama dihadiri Dra. Sri Suhita, M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FBS sekaligus pegiat drama, serta dosen-dosen dan mahasiswa PSPBM UNJ.

Pada pentas kali ini, mahasiswa-mahasiswi PSPBM membawakan drama “Monster Tahun Baru” dan “Asal Mula Festival Pertengahan Musim Gugur.” Kedua kelompok membawakan lakon, menggarap dekorasi, properti, kostum dan tata rias dengan sungguh-sungguh.

Nampak pada Pertunjukan Drama Kebudayaan Tionghoa II, mahasiswa mampu mengaplikasikan pengetahuan kebudayaan Tionghoa yang diperoleh selama perkuliahan Mata Kuliah Pengantar Kesusastraan dan Kebudayaan Cina, diantaranya: (1) penggunaan warna riasan drama, yaitu warna putih untuk menggambarkan tokoh antagonis, warna merah untuk menggambarkan tokoh heroik dan pemberani, (2) pementasan permainan-permainan tradisional Cina pada adegan drama, (3) pernikahan adat dan lain sebagainya.

Masing-masing kelompok menyiapkan naskah 2 bahasa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin. Pertunjukan drama dibawakan menggunakan Bahasa Mandarin. Tentunya, masih ada hal-hal yang perlu dibenahi terkait penggunaan bahasa Mandarin mahasiswa, beberapa kalimat ataupun adegan masih ada yang kurang tepat. Dalam hal ini Wakil Dekan III FBS menambahkan, penguasaan teks merupakan hal penting pada pertunjukan drama. Oleh sebab itu, teks harus dikuasai sebaik mungkin agar penghayatan karakter dan penguasaan panggung tidak terkendala. Kami berharap berlangsungnya kegiatan ini sebagai kegiatan rutin, menjadi bibit lahirnya daya kreasi mahasiswa terhadap ilmu bahasa Mandarin serta kebudayaan Cina yang menjadi kajiannya. (AT)

Advertisements

About mandarinunj

Majalah dinding Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Jakarta. Bagi mahasiswa-mahasiswi Prodi yang ingin mengirimkan karya, dapat menghubungi Redaksi Mading angkatan 2014. Penanggung Jawab: Ayu Trihardini, M.A. (Ketua Prodi) Kepala Redaksi dan Editor: Vanya Zelia, S.S., M.Pd. (Dosen Pembimbing BEM) Redaksi: Putri Sri Maijayanti, Luthfia Nabilla.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s